Selasa, 07 Februari 2012

Home Office yang Ideal


Apakah rumah Anda termasuk home office? Ya beberapa dari orang ingin sekali mempunyai usaha di rumah banyak factor yang memilih bekerja di atau dari rumah. Tepat mereka pasti membutuhkan home office, alias rumah kantor,loh kok bisa? Ada kantor di rumah ? ya beberapa professional membuat rumahnya sbagai kantor juga tanpa mengurangi sisi privasi anggota keluarga yang berada di rumah. Profesional yang membuat rumahnya sebagai kantor antara lain seorang konsultan, dokter, desainer, penjahit. Atau seorang dosen yang menerima mahasiswa bimbingan di rumah.
Beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika ingin membangun home office. Pertama rumah Anda harus bisa dibagi 2 bagian yaitu melayani 1 untuk kantor dan 1 lagi rumah jadi bagi juga 2 kepentingan menjadi 2 kantor dan rumah karena keduanya mempunyai kebutuhan emosional yang berbeda. Rumah, sebagai  tempat berkumpul dengan keluarga yang memberikan kehangatan, keakraban, sekaligus kebutuhan untuk bertumbuh bersama, bersantai dan istirahat adalah unsur yang harus disupport oleh fasilitas rumah. Sementara kantor, adalah pusat produktivitas, profesionalisme, serta suasana tenang untuk bekerja.
Home office yang buruk adalah bila fungsi rumah terlalu mendominasi, sehingga aktivitas/prduktivitas kerja tergannggu yang kedua fungsi kantor terlalu dominan, sehingga anggota rumah kehilangan privasi dan kesempatan untuk mengembangkan hubungan emosional yang ketiga fungsi rumah dan kantor berbaur, tanpa demarkasi atau batasan yang jelas. Dengan kata lain, desain home office harus menyediakan batas yang jelas ruang  kantor dan ruang untuk rumah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar