Kamis, 26 Januari 2012

Jangan Takut Belanja Online


Belanja saat ini sudah tidak mengenal waktu dan batasan, saat ini pembeli dan penjual dapat bertransaksi di negara-negara maju seperti Amerika, Eropa, Jepang dan beberapa Negara dibelahan dunia lainnya. Indonesia sebagai Negara yang mempunyai pengguna Internet terbesar juga saat ini mempunyai gaya hidup seperti di Negara-negara berkembang tersebut. Internet biasanya digunakan sebagai media mencari informasi dan bersosial media, namun kebanyakan orang Inddonesia masih enggan untuk belanja di Internet, takut menjadi alasan utama mereka.
Internet pun tidak luput dari para tangan-tangan jahil yang ingin menggeruk keuntungan dari Internet, banyak penipu yang melancrakna aksinya di Internet melalui online shopping. Walau kondisi demikian banyak keuntungan yang bisa dilakukan di Internet selain hemat tenaga dan waktu, karena kita tidak perlu jauh-jauh ke toko untuk membeli barang yang kita mau apalagi sampai ke luar negeri tinggal duduk depan computer pilih barang yang kita mau, beli, bayar, terus tinggal tunggu 1-2hari barang yang kita mau akan sampai di rumah kita.
Anda pasti ingin aman juga belanja di Internet sebenarnya mudah dengan melihat langkah-langkah berikut:
1.      Jangan mudah tergiur harga yang murah
Banyak sekali kasus di Indonesia orang yang tertipu dengan harga murah. Siapa  yang tidak tertarik dapat barang bagus dengan harga murah, jauh di bawah harga normal barang tersebut.
2.      Pastikan penjualnya bisa dipercaya.
Bisnis di Internet sangat mengutamakan kepercayaan, sebab antara penjual dan pembeli tidak berhubungan secara langsung. Barang yang dijual hanya bisa dilihat melalui gambar/photo. Untuk itu, pastikan si penjual memiliki data identitas yang jelas dan data tersebut valid.
3.      Waspadai juga Email
Setiap Anda yang khususnya pengguna Internet  pasti mempunyai email sendiri untuk mengirim data ataupun surat menyurat, apalagi banyak website yang memfasilitaskan email secara gratis, email memang mempermudah dalam memlakukan sebuah pekerjaan dimana kita bisa menyimpan file dan berkomunikasi. Email juga tidak luput dari para penipu sebab si penipu dapat melancarkan aksinya dengan mengirim sebuah email yang berisi seolah-olah email tersebut datang dari toko online. Padahal si penipu ingin memancing korbannya karena setiap perusahaan yang besar tidak akan melakukan verifikasi melalui email.
4.       Untuk Pembayaran
Biasanya situs online shop mempunyai sebuah term & condition untuk system pembayaran biasanya kalau si pembeli percaya dengan si penjual mereka melakukan denga system transfer antar bank, jika si pembeli tidak memilki kepercayaan yang penuh dapat melakukan dengan COD (cash on deliverd) jadi pembeli dan penjual bertemu dengan kesepakatan tertentu, ada juga yang melakukan system situs menampung pembayaran sebelum barang diterima oleh si pembeli baru akan dibayarkan ke penjual. Tidak mau kan kalau sudah transfer uang tapi barangnya tidak ada. Uang Hilang Barang tidak ada.

1 komentar:

  1. memang kebanyakan yg menipu itu jd aku blom percaya 100% belanja di internet takut kejadian duit udah di transfer tp barangnya tidak ada

    BalasHapus